Google Hangouts Meet sekarang hanya Google Meet

Pekerja jarak jauh, pengumpul, pita, dan gantungan keluar, perhatikan: Google Hangouts Meet tidak lagi disebut Hangouts Meet; sekarang disebut Google Meet.

Perubahan nama itu terlihat jelas kemarin di sebuah posting blog Google Cloud yang ditulis oleh dua direktur manajemen produk Google, Karthik Lakshminarayanan dan Smita Hashim. Posting blog mencantumkan sejumlah tindakan privasi yang digunakan Google Meet untuk menjaga agar rapat jarak jauh tidak dibajak, dan juga merujuk pada layanan sebagai Google Meet. Android Police menemukan bahwa sejumlah halaman dukungan telah diperbarui dengan judul baru juga.

Dalam surel ke The Verge, Google mengonfirmasi bahwa ia telah secara resmi mengubah nama layanan. Google juga mengonfirmasi bahwa Meet adalah bagian independen dari G Suite, portofolio layanan bisnis yang juga mencakup merek seperti Gmail, Documents, Spreadsheet, dan agen judi online. Obrolan Hangouts, cabang pesan teks dari merek Hangouts, juga merupakan bagian dari paket tersebut.

Perubahan nama tampaknya masih menjadi pekerjaan yang sedang berjalan. Pada saat penulisan ini, layanan ini masih disebut Hangouts Meet oleh Google di iOS App Store, dan halaman arahan G Suite-nya juga mempertahankan nama lama. Dan sementara situs web G Suite mencantumkan “Meet” sebagai layanan yang disertakan di bagian atas halaman, “Hangouts Meet” masih dirujuk dalam daftar di bagian bawah.

Perubahan citra terjadi pada saat Google Meet telah melihat pertumbuhan eksplosif ketika pasukan pandemi COVID-19 bekerja untuk memindahkan pertemuan mereka secara online. Penggunaan Google Meet saat ini 25 kali dari bulan Januari, Google mengungkapkan akhir bulan lalu, dan layanan ini mendapatkan lebih dari 2 juta pengguna baru per hari.